Jumat, 28 September 2018

Begini Bahayanya Kalau Badan Terlalu Gemuk




Dibandingkan pria, tubuh wanita memang lebih mudah mengalami kegemukan. Tak hanya merusak penampilan dan mengurangi rasa percaya diri, kegemukan pada tubuh wanita juga memiliki efek buruk pada kesehatan.


Efek obesitas (kegemukan) pada tubuh wanita jauh lebih jelas dibandingkan pria. Pada pria, efek kegemukan umumnya hanya bersifat medis, sedangkan pada wanita berpengaruh pada psikologis atau kejiwaannya. Ujung-ujungnya, jiwa yang tidak sehat makin memperburuk kondisi fisik.


Ketahui, inilah bahaya apabila Anda terlalu gemuk !


1. Risiko serangan jantung

Ada mitos yang mengatakan bahwa risiko penyakit jantung pada wanita lebih kecil dibanding pria. Tapi pada wanita yang sudah menopause, risiko serangan jantung menjadi lebih besar. Terlebih bila wanita tersebut bertubuh gemuk.


2. Batu ginjal
Lemak juga menjadi salah satu pemicu batu ginjal, dimana lemak dapat menyumbat saluran pembuangan air urin. Rasanya akan sakit luar biasa, dan menyebabkan penyakit ginjal yang lebih berbahaya.

3. Tekanan darah tinggi
Tekanan darah tinggi terjadi karena penumpukan kolesterol pada pembuluh darah, yang sangat umum terjadi pada orang-orang gemuk.

4. Menstruasi tidak teratur
Tidak teraturnya periode menstruasi bisa terjadi akibat terlalu banyak lemak yang menumpuk di sekitar rahim. Ini sangat umum terjadi pada remaja yang gemar mengonsumsi junk food.

5. Otot melemah
Karena terlalu banyak lemak, otot menjadi terdesak serta terbungkus lemak. Akhirnya kondisi otot jadi melemah. Inilah yang menyebabkan orang gemuk enggan olahraga dan mudah sekali merasa lelah.

6. Arthritis
Penyakit ini biasanya menyerang persendian. Terjadi pada orang yang terlalu gemuk terjadi tekanan pada persendian yang menyebabkan peradangan pada sendi.

7. Tumit pecah-pecah
Bahkan kulitpun bereaksi pada tubuh yang terlalu gemuk. Saat telapak mendapatkan beban yang berat, maka umumnya terjadi keretakan pada kulit di tumit. Cenderung tumit yang pecah-pecah ini juga terasa sakit karena menahan beban tubuh yang ada.

8. Kurang subur
Ketidak seimbangan hormon pada mereka yang bertubuh terlalu gemuk dapat menyebabkan rahim jadi tidak subur. Inilah mengapa mereka yang terlalu gemuk sulit sekali hamil, atau bahkan sering keguguran di usia kehamilannya.

9. Depresi
Depresi bukanlah sesuatu yang langka dialami mereka yang bertubuh terlalu gemuk. Hal itu umumnya disebabkan karena ketidak seimbangan hormon yang kemudian mempengaruhi sisi psikologis seseorang.

Untuk itu mari mulai hidup sehat, menata makanan mana yang baik untuk tubuh dan tetap berolahraga. Jaga keseimbangan metabolisme tubuh serta lemak di dalamnya. Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diet Murah Tanpa Harus Olahraga dan Diet Ketat, Hanya Dengan Minum Air Putih Ternyata Dapat Menurunkan Berat Badan

Diet Murah Tanpa Harus Olahraga dan Diet Ketat, Hanya Dengan Minum Air Putih Ternyata Dapat Menurunkan Berat Badan Apakah kamu salah sa...